Pesan

13 September 2010

PENGANTAR AKUNTANSI 1 (PERUSAHAAN JASA)


Oleh : A.B. Suriadiansyah, SE, M.Si (Lektor Kepala)
Staf Pengajar Fekon - Unikarta

Sumber belajar ini berisi bahan-bahan ajar bagi mahasiswa semester satu (1) Fakultas Ekonomi - Unikarta.
Secara Definisi, Akuntansi adalah proses pengidentifikasikan, pengklasifikasian, penyortiran, pengikhtisaran dan penyajian transaksi keuangan, sehingga dapat dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan oleh para pihak sebagai informasi ekonomi.
Rekening (Akun) adalah pos-pos yang digunakan untuk menyimpulkan seluruh kenaikan dan penurunan untuk harta tertentu, seperti kas, atau harta lain, hutang dan modal, pendapatan dan biaya.

Proses akuntansi dimulai dari jurnal hingga menjadi laporan keuangan. Jurnal adalah rekaman dari suatu transaksi keuangan yang dibuat berdasarkan urutan kejadiaannya (historis), informasi yang diperlukan dalam membuat jurnal adalah bukti transaksi, rekening yang menjadi bagian transaksi, nilai transaksi debit atau kredit. Output akuntansi adalah informasi yang berkaitan dengan harta kekayaan dan kewajiban perusahaan dalam suatu periode, hal ini dapat terbaca melalui Laporan Keuangan, yang terdiri dari Neraca, Laporan Laba-Rugi, dan Laporan Laba Ditahan serta Laporan Arus Kas.


0 komentar: